Balikpapan, sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, memiliki keindahan yang meliputi berbagai aspek mulai dari alam hingga budaya.

Dari pantai hingga taman, Balikpapan menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi. Berikut adalah 9 tempat wisata paling hits di Balikpapan beserta ulasannya.

1. Pantai Melawai

Pantai Melawai adalah salah satu pantai paling populer di Balikpapan. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuatnya mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Pantai ini unik karena hanya berupa bibir laut yang dibatasi dengan beton dan batu karang. Pengunjung biasanya bersantai di atas beton ini sambil menikmati pemandangan laut lepas yang dihiasi kapal-kapal yang sedang berlayar atau berlabuh di pelabuhan Semayang.

Suasana sore dan malam hari di Pantai Melawai sangat ramai, menjadikannya tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbenam dan aktivitas malam hari.

2. Pantai Kemala

Pantai Kemala adalah pantai lain yang tidak kalah menarik di Balikpapan. Terletak tidak jauh dari pusat kota, pantai ini mudah dijangkau dengan angkutan umum nomor 03.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih kecoklatan dan air laut berwarna biru dengan ombak yang tenang. Pantai Kemala cocok untuk berenang dan bermain air.

Keasrian dan keteduhan pantai ini dijaga oleh pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya, memberikan suasana alami dan sejuk. Di kejauhan, kapal-kapal tanker dan kapal nelayan sering kali terlihat, menambah keindahan panorama pantai ini.

3. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru menawarkan daya tarik tersendiri dengan deretan pohon cemara udang yang memberikan nuansa sejuk dan alami. Pengunjung sering memanfaatkan pohon-pohon ini sebagai tempat berteduh saat cuaca terik. Suasana di Pantai Lamaru sangat tenang, cocok untuk refreshing.

Pantai ini juga ideal untuk berenang dan bermain banana boat karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Dengan bibir pantai yang luas, pengunjung bisa bermain pasir atau sekadar berjalan menyusuri pantai menikmati keindahan alam.

4. Pantai Batakan

Pantai Batakan adalah destinasi pantai yang masih terjaga keasriannya di Balikpapan. Pantai ini belum terlalu ramai pengunjung sehingga kondisinya masih bersih.

Pasir pantai kecoklatan dan air laut yang biru memberikan pemandangan yang memukau. Selain berjalan-jalan dan bermain air, pengunjung bisa bersantai di kafe-kafe yang ada di sekitar pantai.

Menikmati pemandangan laut lepas dan angin laut sambil menyantap kuliner lokal menambah pengalaman berwisata di Pantai Batakan.

5. Taman Bekapai

Taman Bekapai adalah tempat wisata ikonik di Balikpapan. Monumen perunggu berbentuk abstrak yang mengeluarkan air mancur dari dalam menjadi daya tarik utama taman ini.

Tempat ini sangat cocok untuk berfoto, terutama pada malam hari ketika air mancur dilengkapi dengan pencahayaan. Taman Bekapai juga berdekatan dengan tempat-tempat wisata lain seperti pantai, restoran dan pusat perbelanjaan, menjadikannya tempat yang nyaman untuk bersantai.

Taman ini sering digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga dan teman sambil menikmati udara segar dan pemandangan alam.

6. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru menawarkan keindahan alam dengan air yang sangat jernih, menciptakan efek cermin yang memukau.

Danau ini dikelilingi oleh hutan tropis lebat yang menambah keindahan panoramanya. Danau ini populer untuk berbagai aktivitas seperti berenang, berperahu dan berjemur di tepi danau.

Beberapa pengunjung juga suka mengadakan piknik di sekitar danau sambil menikmati suasana alam yang tenang. Saat matahari terbenam atau terbit, pemandangan di Danau Cermin Lamaru sangat indah dan instagramable.

7. Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Batuan karang sepanjang 150 meter dengan tinggi 125 meter memberikan pemandangan hutan yang asri dan sejuk.

Tempat ini sering menjadi favorit bagi penggemar fotografi, terutama saat matahari terbenam.

Anda dapat mengabadikan momen indah ketika matahari tenggelam di balik cakrawala laut dengan latar belakang batu-batu besar yang ikonik. Bukit Batu Dinding adalah tempat yang bagus untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam.

8. Kampung Atas Air

Kampung Atas Air adalah destinasi wisata unik yang berada di atas permukaan air laut. Terletak di Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kelurahan Margasari, Kampung ini menawarkan pemandangan arsitektur tradisional rumah-rumah di atas air dengan tiang-tiang kayu yang kokoh.

Pengunjung dapat berjalan di jembatan beton yang menghubungkan rumah-rumah, menikmati pemandangan laut dan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat yang sangat terkait dengan laut.

Kampung Atas Air adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbenam dan menikmati keindahan laut dan pantai.

9. Waduk Manggar

Waduk Manggar adalah tempat wisata menarik lainnya di Balikpapan Utara. Waduk ini memiliki luas hingga 500 hektar dan berfungsi sebagai penyuplai air untuk PDAM.

Tempat ini telah mengalami beberapa kali pembangunan, terakhir pada tahun 2006. Waduk Manggar menawarkan spot-spot instagramable untuk foto-foto, seperti jembatan kayu panjang yang sering dilewati masyarakat sekitar.

Pemandangan waduk hijau yang indah, terutama saat matahari terbenam, membuatnya menjadi tujuan wisata populer bagi penduduk setempat dan wisatawan yang ingin menikmati alam dan menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kota. Di sekitar waduk, Anda juga dapat menemukan berbagai restoran dan kafe yang menyajikan hidangan lokal.

Dengan berbagai destinasi wisata menarik ini, Balikpapan menawarkan pengalaman wisata yang beragam dan menyenangkan. Mulai dari pantai yang memukau hingga danau yang menenangkan, setiap tempat memiliki keunikan tersendiri yang patut untuk dijelajahi.

Untuk mengunjungi tempat-tempat wisata ini, anda bisa menggunakan layanan dari perusahaan rental mobil Balikpapan yang ada, seperti rentalkaltim.com misalnya.